DESA SEBASANG NAN NYAMAN

sebasang2

Kesederhanaan masyarakatnya, lingkungan yang bersih dan asri serta deretan pohon sawo kecik sepanjang perumahan penduduk mewarnai kehidupan penduduk Desa Sebasang yang berjarak 20 km dari ibukota Kabupaten Sumbawa, NTB. Suasana tersebut bukan tanpa usaha, yaitu dengan membangkitkan kembali semangat gotong royong, masyarakat menyadari selama ini bahwa masalah-masalah yang dialami sangat terkait dengan perilaku mereka. Dan karena masyarakat Desa Sebasang pada dasarnya ingin berubah, seperti mengubah daerah tandus dan sulit air menjadi lingkungan asri. Juga menghadapi penyakit diare dan malaria yang menambah beban hidup masyarakat, maka dicanangkan gerakan “Sebasang Sadar Kesehatan” pada Bulan Mei 2005.

Rasa kagum penulis melihat anak-anak terbiasa membuang sisa bungkus permen di tempat sampah yang berjejer sepanjang rumah. Tempat Sampah yang sangat sederhana terbuat dari kaleng bekas minyak tanah hanya mendapat sentuhan cat putih dan tulisan PKK. Upaya ini sangat terkait dengan peran kaum ibu mendidik anak-anak mereka sejak usia muda dan adanya tempat sampah sederhana untuk memberi identitas bahwa hasil buah manis tim Penggerak PKK dalam menggerakkan masyarakat melalui Pokja PHBS.

sebasang3Ada keunikan lain, yaitu pohon sawo kecik tumbuh subur begitu pula bunga-bunga warna warni menghiasi rumah-rumah penduduk. Inovasi masyarakat sebasang untuk membuat lingkungannya bisa ditumbuhi pohon dan bunga yaitu menimbun tanah yang penuh bebatuan dengan tanah subur yang diangkut dari desa lain. Sawo kecik yang dihasilkan bisa untuk menambah penghasilan masyarakat Sebasang. Dukungan lain yaitu adanya program W-SLIC-2, ( Water Sanitation Low Income Community), menempatkan air bersih sebagai kebutuhan utama. Pendekatan dilaksanakan melalui pemberdayaan seluruh masyarakat, di tingkat desa yaitu, kaya/miskin, laki-laki/perempuan, remaja dan anak sekolah melakukan pengumpulan data, identifikasi masalah dan perencanaan program.

Juga program CLTS (Community Lead Total Sanitation), dikenal dengan Sanitasi Total, adalah suatu pendekatan untuk memotivasi masyarakat agar tidak Buang Air Besar di tempat terbuka dengan gerakan “Sebasang Bebas Tinja”. Program ini dinilai berhasil, dengan meningkatnya angka penggunaan jamban dan air bersih terutama bagi keluarga miskin dari 10 % meningkat menjadi 100%. Hal ini diikuti oleh menurunnya angka kesakitan penyakit diare, ISPA, penyakit kulit dan malaria. Keberhasilan ini juga tidak luput dengan adanya peraturan desa melalui kesepakatan adat yang isinya, bagi masyarakat yang tidak mau berkontribusi baik berupa uang maupun tenaga maka tidak akan diberikan pelayanan air bersih.

Sangsi ini sangat mujarab untuk mendidik masyarakat sadar kesehatan. Selain komitmen masyarakat, bupati dan ketua tim penggerak PKK sangat peduli dengan kondisi masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Tidak hanya aspek kesehatan juga aspek sosial ekonomi, seperti usaha pembuatan batu bata dan genteng, pembibitan unggas, sentra industri madu, ikan mujair dan program hutan sehat.

Sudah sepantasnya Desa Sebasang memperoleh predikat “Juara Pertama” sebagai Desa Sehat/PHBS tingkat Provinsi pada tahun 2006. Itulah sebabnya Sebasang sebagai mutiara terpendam, layak diangkat sebagai model atau best practice, bupati mengingatkan kepada masyarakatnya bahwa jangan terlena dengan keberhasilan yang dicapai, masih banyak desa-desa miskin lainnya layak menjadi perhatian.

Dengan rendah hati, Bupati Sumbawa, Bapak Djamaludin Malik mengemukakan sebagai kepala pemerintahan, beliau selalu mengingatkan kepada stafnya bahwa bekerja untuk melayani masyarakat, bukan dilayani seperti yang kita alami di beberapa wilayah di negeri ini. Lanjut beliau keberhasilan masyarakatnya terutama di Desa Sebasang, bukan karena peran beliau, tetapi karena masyarakat ingin hidup lebih layak, sehat dan sejahtera seperti yang tercantum dalam “Pro Api Mas” yaitu strategi untuk penggalangan Aspirasi, Partisipasi dan Inisiatif Masyarakat.

Penulis Zuraida

 

Tentang pedulihakanak

PENUHI HAK - HAK ANAK!! ATAU TIDAK SAMA SEKALI!!
Pos ini dipublikasikan di artikel dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s